“Apa yang menjadi inspirasimu?”
“Siapa sosok yang menginspirasi bagimu?”

Setiap orang pasti punya jawaban berbeda ketika mendapat dua pertanyaan ini. Ada yang hidupnya terinspirasi dari seorang selebritis, tokoh politik, pejabat publik, orangtua atau bahkan ada juga yang terinspirasi oleh saudaranya sendiri dan teman sepergaulan.

Inspirasi bisa didapat dari mana saja. Musisi misalnya bisa mendapatkan inspirasi untuk menuliskan lagu hanya karena melihat orang-orang terdekat yang sedang bahagia, patah hati, dan sebagainya. Begitu juga dengan seorang penulis, gemericik suara air, jingga dipenghujung senja, rembulan yang hendak pulang ke peraduan, atau matahari yang perlahan naik dan menghangatkan seisi bumi yang disentuhnya.

Dari ke semuanya itu, kita tahu bahwa inspirasi bisa didapat dari mana saja, kapan saja, dalam kondisi apa saja dan itu tidak harus dari se-sosok manusia. Alam yang terbentang luas, semuanya bisa menjadi inspirasi tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

Aku sendiri lebih sering terinspirasi oleh karakter-karakter dalam sebuah drama, film, tokoh dalam sebuah novel, dan cerita-cerita fiksi lainnya. Bukan karena tidak ada sosok manusia nyata yang bisa menginspirasku, namun dengan menjadikan karakter-karakter tersebut sebagai inspirasi, memberikanku rasa nyaman dan tenang karena aku tahu secara keseluruhan karakter dan sifat mereka, tahu apa saja yang mereka lakukan serta tidak ada yang disembunyikan.

Menjadikan karakter-karakter fiksi tersebut sebagai inspirasi juga dikarenakan aku adalah orang yang tidak mau dikecawakan. Meski aku tahu manusia adalah tempatnya salah dan lupa, namun tetap saja aku masih tidak bisa menerima ketika sosok yang aku jadikan inspirasi, ternyata dibalik kamera adalah seseorang yang bertolak belakang dengan apa yang dipertontonkan oleh media.

Written by

Yulia Gumay

Sekarang tidak lagi bercerita tentang APA YANG SAYA SUKA atau APA YANG SAYA TIDAK SUKA. Tapi hanya tentang APA YANG اللّٰه SUKA dan APA YANG اللّٰه TIDAK SUKA. Karena SAYA dan ANDA hanya seorang hamba, yang WAJIB tunduk kepada segala aturan SANG PENCIPTA, tanpa ada celah untuk PILIH-PILIH DOSA.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzaariyaat : 56)

Jika ada yang salah dari apa yang saya posting di sini, saya dengan senang hati ber-TABAYYUN, MENERIMA NASIHAT, KRITIK, SARAN ataupun TEGURAN dalam bahasa yang wajar dan baik.

Dan seandainya ada manfaat yang Anda dapat, maka ringankanlah kedua tangan Anda untuk berbagi kepada sesama, dan mudah-mudahan menjadi Amal Jariyah kita di sisi-Nya.

Terima kasih banyak sudah berkunjung.